Selasa, 11 April 2017

Konfigurasi TP-Link WA 7210N Sebagai Client

Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client Router


Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client RouterSalam sejahtera sobat laresawoo. Pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai cara setting tp-link tl-wa7210n menjadi AP client router. Namun sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit apa fungsi dari mode ap client router itu sendiri. AP Client Router adalah mode dimana perangkat berfungsi sebagai penangkap sinyal atau penerima sinyal internet yang dihasilkan atau dipancarkan dari AP Pusat dan disebarkan lagi menggunakan perangkat wireless indoor atau outdoor dengan perantara kabel LAN. Namun tidak menutup kemungkinan dari mode ap client router ini bisa langsung ditancapkan ke pc/laptop menggunakan kabel lan. Tapi untuk kali ini saya hanya mengulas tentang mode ap client router yang disebarkan lagi menggunakan perangkat wireless indoor/outdoor. Jika masih bingung silahkan lihat topologi di bawah ini !
Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client Router

Sebenarnya untuk tp-link seri ini sudah bisa dibuat menjadi menerima sekaligus menyebar, namun saya asumsikan tp-link ini berada diatas 2 - 3 pipa atau sekitar 10-15m dari atas tanah. Jadi untuk mengcover area dibawahnya saya tidak bisa menjamin mendapatkan sinyal yang bagus. OK, langsung saja simak tutorialnya dibawah ini !


1. Siapkan pc/laptop

2. Sambungkan perangkat ke pc/laptop

3. Jangan lupa untuk mengganti IP pc/laptop menjadi satu range dengan IP default tp-link tl-wa7210n yaitu 192.168.0.254

4. Ketik 192.168.0.254 pada browser untuk menuju ke interface tl-wa7210n

5. Pilih bagian Operation Mode lalu disebelah kanan pilih AP Client Router kemudian SAVE
Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client Router

6. Setelah itu masuk pada bagian Network (ada 2 pilihan : LAN & WAN)

baca juga : Setting tp-link tl-wa5210g sebagai AP client router

7. Pilih bagian LAN terlebih dahulu, lalu isi IP Address dan Subnet Mask sesuai kebiasaan anda (saya memakai IP yang berbeda dengan jaringan WAN). Jika IP yang anda masukkan berbeda range dengan IP Default dari tl-wa7210n maka setelah anda ganti IP alatnya silahkan menuju ke IP pc/laptop untuk mengganti dengan IP yang baru. 
Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client Router

8. Kemudian ketik IP tl-wa7210n yang baru pada browser untuk masuk ke interface prangkat (jika setelah ganti IP otomatis log out) dan pilih lagi bagian Network.

9. Pada bagian WAN (pada contoh ini saya menggunakan IP STATIC)

- WAN connection type : Static IP
- IP Address : isi sesuai jaringn anda
- Subnet Mask : isi sesuai jaringan anda
- Default Gateway : isi sesuai jaringan anda
- Primary DNS : isi sesuai jaringan anda
- Secondary DNS : isi sesuai jaringan anda
Jangan lupa  SAVE.
Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client Router

10. Kemudian pindah pada bagian Wireless, klik Survey untuk mencari AP Pusat yang dikehendaki. Lalu jika sudah ketemu klik Connect pada bagian kanan. Lalu SAVE.
Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client Router

11. Lalu pilih menu DHCP, jika Enable maka ganti dengan Disable. Karena yang memegang kendali DHCP nanti perangkat Wireless Indoor.

jangan lewatkan : cara setting bullet m2hp sebagai ap wds

12. Kemudian pada bagian Security, lalu pilih bagian Remote Management. Pada bagian Remote Management IP Address isi dengan 255.255.255.255 ini berfungsi agar kita (penyedia jasa internet) bisa mengontrol sewaktu-waktu alat tersebut dari rumah.
Cara Setting Tp-Link TL-WA7210N Sebagai AP Client Router

13. Dan tp-link tl-wa7210n sudah siap digunakan.

Setelah semuanya sudah selesai, hubungkan perangkat tp-link tl-wa7210n > POE > wireless indoor. Untuk settingan wireless indoor sendiri saya akan membahasnya pada artikel berikutnya. Jadi jangan sampai ketinggalan. Jika masih ada yang kurang dimengerti dengan apa yang saya tulis di atas, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 komentar:

Posting Komentar